Fumo, Dari Plushie Biasa Menjadi Ikon Meme di Komunitas

Tidak peduli bagaimana cara penggemar mendapatkan boneka tersebut, mereka akan merasa bangga karena telah memiliki sebuah benda yang sangat erat berkaitan dengan seri Touhou

Fumo, Dari Plushie Biasa Menjadi Ikon Meme di Komunitas

Siapa sih penggemar Touhou yang tidak tahu Fumo? Boneka kecil imut yang mempunyai ekspresi datar asal Jepang, FumoFumo adalah boneka eksklusif untuk seri Touhou Project yang dikembangkan oleh ANGELTYPE dan menjadi ikon utama penggemar Touhou hingga saat ini. Untuk memiliki boneka ini, banyak penggemar yang memesan melalui pihak ketiga, membeli versi bootleg yang lebih mudah dibeli, atau membuat sendiri dengan bahan seadanya.

Tidak peduli bagaimana cara penggemar mendapatkan boneka tersebut, mereka akan merasa bangga karena telah memiliki sebuah benda yang sangat erat berkaitan dengan seri Touhou. Ini juga mengingat bahwa harga boneka tersebut lebih mahal daripada harga game Touhou asli yang dirilis oleh ZUN di Steam.

Penggemar Touhou yang memiliki fumo biasanya akan merasa bangga dan memposting sesuatu yang berkaitan dengan boneka tersebut. Contohnya postingan dengan caption “selamat pagi” beserta gambar tangan orang sedang melambaikan lengan fumo yang ia miliki, atau membuat meme mainstream dengan subjek yang diganti oleh boneka fumo. Hal ini wajar dilakukan sebab mereka membeli (atau mendapatkan) Fumo dengan modal yang tidak sedikit.

(Foto dari Facebook Andrian Maulana)

Banyaknya postingan tentang Fumo ternyata menarik minat non-fans yang melihat boneka tersebut. Orang-orang awalnya menyebut boneka tersebut mirip dengan plushie mainstream lainnya, kemudian mereka tertarik dengan Fumo Cirno yang digambarkan sebagai karakter “jenius” namun kenyataannya sangat bodoh contohnya dengan lelucon 1+1 = 9, atau dank memesI am genius”. Mengakibatkan popularitas fumo meningkat terutama saat awal tahun 2021.

(Foto dari Twitter @Tortokhod)

Hingga sekarang, popularitas Fumo tetap meningkat secara bertahap, bahkan banyak sekali orang yang memiliki Fumo namun tidak tahu apa pun tentang seri Touhou. Menurut kalian seberapa besar sih, dampak boneka Fumo ke kancah Internet saat ini?