Touhou Dream Runner: Perjalanan Youmu di Dunia Mimpi

Touhou Dream Runner adalah rhythm game beta yang menggabungkan elemen dari Rhythm Doctor, Muse Dash, Rhythm Heaven, dan REFLEC BEAT, memudahkan pemain yang akrab dengan genre ini untuk menguasai gameplay-nya.

Touhou Dream Runner: Perjalanan Youmu di Dunia Mimpi
Sumber: Lever210
Sumber: Lever210

Touhou dikenal dengan kreativitas dan kegigihan para penggemarnya dalam membuat fangame. Pada genre rhythm game sendiri, fandom Touhou telah berkontribusi cukup banyak dalam genre ini. Dengan berbagai macam kolaborasi dengan Maimai, Groove Coaster, hingga Muse Dash. Tidak lupa pula dengan dirilisnya Touhou Danmaku Kagura: Phantasia Lost di Steam menjadi titik awal Touhou ikut bersaing dengan rhythm game lainnya di platform PC.

Ada salah satu rhythm game Touhou yang masih dalam tahap uji beta berjudul Touhou Dream Runner dengan mengkombinasikan gameplay Rhythm DoctorMuse Dash, Rhythm Heaven dan REFLEC BEAT. Sehingga pemain rhythm game yang sudah lama familiar bisa dengan mudah menguasai mekanisme pada game ini.

Sumber: Penulis

Cerita dimulai dangan karakter utama kita, Youmu yang akan berbelanja bahan makanan untuk Yuyuko. Tiba-tiba Youmu terkena serangan dari alat Nitori yang mengakibatkan dia pingsan dan berada di dalam dunia mimpi. Youmu harus mencari cara untuk keluar dari mimpi ini dan kembali berbelanja bahan makanan.

Sumber: Penulis

Untuk gameplay-nya sama seperti rhythm game yang berbasis perfect timing, pemain perlu menekan tombol acak namun sesuai dengan beat dan indikator yang muncul. Walaupun game ini masih dalam tahap uji beta dengan jumlah lagu yang terbatas, menurut saya game ini mempunyai ciri khas yang menarik. Ada beberapa hal yang bisa ditambahkan seperti memberikan indikator Judgement Line di depan Youmu, dan memberi setiap NPC lawan variasi khusus seperti yang ada pada stage Reimu. Penulis berharap game ini bisa terus berkembang dan ikut bersaing di pasar rhythm game ke depannya.

Sumber: Penulis

Jika kalian ingin mengunduh game ini, kalian dapat mengklik link ini.