Touhou Mystia's Izakaya: Belajar Tentang Angkringan dan Kesibukannya

Touhou Mystia's Izakaya, sebuah game yang cukup unik. Mystia menjalankan kedainya untuk membayar utang kepada Chen. Tidak hanya memasak, tetapi kamu juga dapat mengerti cara mengelola kedai yang mirip seperti angkringan ini.

Touhou Mystia's Izakaya: Belajar Tentang Angkringan dan Kesibukannya
Sumber: 二色幽紫蝶 dan Re零同人社 / Phinemo

Jika kalian pernah mendengar game ini di tahun 2021, mungkin kalian gak akan asing tentang genre yang mereka sajikan. Sebuah game memasak di mana kita bertindak sebagai Mystia membuka kedai izakaya untuk membayar utang-utang yang Chen berikan secara persuasif setiap beberapa hari sekali. Lama-kelamaan, kedai kalian akan semakin ramai oleh setiap kalangan di Gensokyo, baik manusia maupun youkai, semuanya makan di sana tanpa ada diskriminasi.

Gameplay yang diberikan game ini sama seperti game-game memasak lainnya, pemain harus memasak pesanan yang pelanggan berikan, dimulai dari pukul 6 sore hingga 12 malam. Setelah itu kedai ditutup dan Mystia harus mempersiapkan diri di pagi hari untuk mengelola kedai sebelum dibuka kembali.

Konsep dari game ini mengambil sistem usaha seperti angkringan dan sejenisnya, Angkringan sendiri merupakan usaha kecil yang dikelola oleh 1-3 orang dengan menjual masakan di pinggir jalan. Aktivitas mereka biasanya dimulai pada malam hari dan akan berakhir pada pagi buta besoknya. Berikut adalah ciri khas yang diberikan game ini dan persamaan dalam sistem usaha angkringan di kehidupan nyata.

Membeli atau Mencari Bahan Baku

Masakan tidak akan ada apabila bahan baku tidak disediakan, game ini memberikan opsi pemain untuk mencari bahan baku pada pagi hari di sekitar, atau membelinya lewat pemasok yang menyediakan bahan setiap hari. Kebanyakan angkringan hanya beroperasi pada skala kecil saja, sehingga cara mereka memperoleh bahan baku melalui pembelian di pasar setiap hari atau terjadwal.

Menentukan Masakan yang Akan Dijual

Mystia bisa menjual hingga 8 jenis masakan dan 8 jenis minuman dalam satu malam. Masakan yang dijual bisa dipilih sendiri, sehingga pemain bisa memutuskan sendiri masakan apa saja yang ingin dijual. Angkringan dan usaha serupa biasanya menjual masakan sesuai situasi, contohnya stok bahan baku tahu sedang kosong sehingga masakan berbahan dasar tahu tidak dijual sampai bahan baku bisa kembali diperoleh.

Lain Konsumen, Lain Juga Kesukaannya

Setiap konsumen yang datang akan dicatat dalam buku catatan Mystia, buku tersebut berisikan deskripsi pelanggan dengan daftar aspek kesukaan. Manfaat catatan tersebut adalah pemain bisa memberikan bahan kesukaan pelanggan tertentu dengan tujuan meningkatkan kemungkinan dia mau memesan makanan lagi. Contohnya, youkai ular menyukai aspek bahan yang bisa bersinergi dengan alkohol, sehingga pemain bisa menambahkan bahan lobak ke dalam masakan. Angkringan biasanya hanya mempunyai pelanggan yang sedikit, sehingga mereka banyak memberikan bahan tambahan sesuai selera pelanggan saat kondisi usaha sedang sepi demi menjaga loyalitas pelanggan tersebut.

Demikian kemiripan konsep game Touhou Mystia's Izakaya dengan sistem usaha angkringan, walaupun kenyataannya membangun usaha angkringan tidak semudah game ini. Namun, pemain bisa merasakan bagaimana sensasi mengembangkan sebuah usaha berbasis UMKM seperti angkringan, dimulai dari membeli bahan baku, hingga melakukan ekspansi usaha.