PC-98, Era Eksperimental Touhou Project

Era PC-98 sebagai yang pertama dari seri Touhou Project, diisi dengan gaya eksperimental dengan variasi gameplay yang berbeda satu sama lain

PC-98, Era Eksperimental Touhou Project
Sumber gambar: @naoharrer

Touhou Project, adalah sebuah seri franchise game yang diciptakan dan dikembangkan oleh ZUN sejak tahun 1995. Touhou Project yang banyak dikenal sebagai seri gim bergenre danmaku (bullet hell shoot-em up) dan fighting game, ternyata tidak dimulai dari genre-genre tersebut. Era PC-98 sebagai yang pertama dari seri Touhou Project, diisi dengan gaya eksperimental dengan variasi gameplay yang berbeda satu sama lain.

Game pertama dalam serinya, Touhou Reiiden ~ Highly Responsive to Prayers, pertama kali dirilis di Comiket 52 dalam bentuk block breaker arcade game dan merupakan satu-satunya game yang mengadopsi format ini. Highly Responsive to Prayers memperkenalkan protagonis utama Touhou Project, Reimu Hakurei, seorang gadis penjaga kuil shinto berpakaian merah-putih. Pemain mengendalikan Reimu untuk memukul tongkat gohei-nya dan memantulkan bola yin-yang untuk menghancurkan block. Tidak seperti block breaker game pada umumnya, Touhou HRtP memiliki boss di beberapa levelnya, yaitu varian musuh yang unik dan kuat.

Game keduanya, Touhou Fuumaroku ~ Story of Eastern Wonderland, adalah game pertama dalam seri Touhou yang mengadopsi genre danmaku. Kali ini, pemain dapat memilih salah satu dari tiga tipe serangan bagi karakter utamanya. Story of Eastern Wonderland juga menjadi Touhou pertama yang memperkenalkan deuteragonis Touhou Project, Marisa Kirisame, meski hanya sebagai boss dalam salah satu levelnya. Format game ini menjadi basis dari game-game Touhou Project hingga era modern. Karena Story of Eastern Wonderland adalah game Touhou pertama yang mengadopsi format danmaku, gameplay dan scoring-nya sangat sederhana.

Game ketiganya yang rilis pada Comiket 53, Touhou Yumeijikuu ~ Phantasmagoria of Dim.Dream, adalah game pertama dalam format split screen versus danmaku. Format split screen juga memungkinkan game ini untuk dimainkan oleh dua pemain sekaligus dengan menggunakan joypad, menjadikan Touhou pertama yang memiliki fitur multiplayer dan joypad. Pemain dapat memilih salah satu dari tujuh karakter dengan jenis serangan mereka masing-masing. Phantasmagoria of Dim.Dream memperkenalkan satu fitur unik yang nantinya akan populer di game-game Touhou era modern, tetapi hanya ada satu di era PC-98, yaitu sistem spell cards. Spell cards adalah fase spesial di tiap boss dimana karakter akan melakukan serangkaian pola serangan yang harus dihindari dalam jangka waktu tertentu (timer) atau health bar.

Game keempat, Touhou Gensokyou ~ Lotus Land Story, dirilis pada Comiket 54 menjadi game Touhou pertama yang membawa nama latar tempat seluruh seri Touhou Project. Sebelumnya latar tempat Touhou Project memang tidak dijelaskan secara detail, hanya disebutkan secara samar-samar sebagai “sebuah negeri di timur”. Game ini mengadopsi format danmaku dari Story of Eastern Wonderland dan membawa kembali Marisa Kirisame sebagai karakter yang dapat dimainkan. Walaupun sekilas terlihat tidak ada perbedaan dari Story of Eastern Wonderland, game ini memperkenalkan fitur baru yang terus digunakan hingga era modern yaitu sistem grazing. Grazing adalah sistem scoring dimana pemain menghindar dari peluru danmaku dengan sangat dekat dan menyentuh sprite karakternya tanpa mengenai hitbox.

Game yang terakhir rilis pada Comiket 55, berjudul Touhou Kaikidan ~ Mystic Square, mengadopsi format yang sama dengan game-game yang sebelumnya. Mystic Square memberi empat pilihan karakter yang dapat dimainkan, namun menghilangkan pilihan jenis danmaku tiap individu karakternya. Game ini memperkenalkan fitur Dream Gauge. Dream Gauge adalah sistem scoring dimana pemain mengumpulkan dream item untuk mengisi dream gauge. Saat dream gauge sudah penuh (MAX), seluruh peluru danmaku yang ada di layar akan dihapus yang sekilas mirip dengan bomb. Mystic Square, bersamaan dengan seluruh Touhou PC-98 berhenti diedarkan saat Touhou Koumakyou ~ Embodiment of Scarlet Devil rilis pada Comiket 62.