Keseruan Shanghai THO di Tiongkok, Pradaftar Fangame dari CAVE, dan ZUN Menjadi Bintang Tamu di Event-nya Marasy

Perhelatan meriah dari negeri tirai bambu hingga kehadiran ZUN di event-nya Marasy

Keseruan Shanghai THO di Tiongkok, Pradaftar Fangame dari CAVE, dan ZUN Menjadi Bintang Tamu di Event-nya Marasy

Selamat datang kembali di Ringkasan Sepekan Bunbunmaru. Kali ini kita sudah mulai sesuai dengan jadwal perilisan artikel, setiap hari Sabtu. Jadi waktunya menikmati akhir pekanmu dengan sederet berita mengenai Touhou.

Shanghai THO ke-11 di Tiongkok

Berita pertama datang datang dari negeri tirai bambu, dimana pada Sabtu hingga Minggu, 19-20 Agustus 2023 kemarin dilaksanakan event berskala besar khusus Touhou “Shanghai THO” ke-11. Di event ini, terdapat berbagai macam hal, seperti bazaar, panggung hiburan, panel diskusi, dan bahkan ada pengunjung dari Jepang juga. Lingkarya yang tampil di panggung hiburan Shanghai THO ke-11 ada Maikaze, ShinRa-Bansho, Liz Triangle, Fuling Cat Mark, TUMENECO, HoneyPocket, TsuBaKi, Echollapsar, bunny rhythm, Yonder Voice, Mad Hatter Tea dan Xanadu Canto. Berikut ada beberapa foto dari pengunjung yang sudah kami sadur dari artikel Touhou Garakuta.

Prapendaftaran Fangame Touhou dari CAVE

CAVE mengumumkan akan membuka prapendaftaran fangame yang mereka kembangankan mulai Jum’at, 22 September 2023. Dan mulai didistribusikan di App Store dan Play Store mulai Minggu, 22 November 2023. CAVE merupakan pengembang game bullet hell yang cukup terkenal seperti Dodonpachi dan Mushihime-sama, sehingga fangame yang akan mereka rilis tentunya menjadi perhatian cukup banyak orang. Berita ini bisa dicek di pengumuman dari CAVE.

ZUN Hadir di MARA-FES 2023

Kemudian ZUN kemarin menjadi bintang tamu rahasia di event konser piano Marasy, bertajuk MARA-FES 2023 di Osaka Castle Music Hall pada Sabtu, 19 Agustus 2023 kemarin. Marasy merupakan seorang pianis dan telah membuat segudang karya derivatif Touhou juga. Selain BeatMARIO dari COOL&CREATE serta Maron dari IOSYS yang selalu hadir selama tiga tahun terakhir, ZUN selaku kreator dari Touhou Project juga turut hadir sebagai bintang tamu rahasia tahun ini. Marasy juga membawakan “Native Faith” menggunakan piano di depan ZUN.